Joint With Us.....!!!

Persaudaraan Suzuki Thunder

<<<<<PANSER>>>>>

Lebih Safety Dengan Helm 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

PANSER Lebih Safety Dengan Helm 2

Post by bagoes on Thu 17 Apr 2008, 17:18

Banyak di antara bikers yang merasa bahwa jika
telah menggunakan helm maka aman sudah. Padahal sebenarnya tidak
demikian. Helm adalah soal teknologi sehingga model, material, hingga
dimensi dan beratnya pun bisa memberi pengaruh. Baik pada aspek
keamanan, kenyamanan bahkan prestasi.

Yang
perlu anda ketahui bahwa helm rata-rata pembalap didesain sedemikian
rupa agar memiliki alur yang sesuai dengan aerodinamika. Gunanya agar
mendukung kecepatan balapan pada MotoGP, memperbaiki aliran udara ke
intake pada Formula 1 atau membuat pengendara bisa menyusun strategi
dengan baik penuh panel penunjang balapan. Hal lainnya adalah helm
harus terasa ringan sehingga tidak melelahkan dipakai selama waktu
balapan yang panjang dan anti benturan sehingga aman saat terjadi
kecelakaan.

Helm
yang baik adalah helm yang aman dan nyaman. Helm yang aman akan memberi
perlindungan maksimal. Biasanya helm semacam ini lulus persyaratan DOT
(Departement of [color:e495=orange ! important][color:e495=orange ! important]Transportation)
atau standar transportasi Amerika Serikat. Ada juga standar-standar
lain seperti untuk Eropa, Jepang, bahkan Indonesia sendiri. Apapun itu,
helm yang aman adalah helm yang terbuat dari lapisan cangkang luar yang
membungkus seluruh kepala dan menyisakan cukup ruang untuk melihat ke
depan. Biasanya sering disebut helm full face atau cakil. Cangkangnya
juga harus lumayan tebal dan anti benturan. Memang sedikit lebih berat
tetapi untuk helm-helm yang sedikit agak mahal seperti Arai, Shoe dan
Nolan, produsen menghadirkan kekuatan lebih dengan material yang justru
lebih ringan.

Namun
demikian, sebagus apapun helm anda, jika tidak benar-benar pas pada
kepala justru berbahaya. Helm yang longgar tidak ada gunanya. Baik helm
yang digunakan dalam olah raga maupun berkendara akan kehilangan
manfaat perlindungannya bila terlepas saat kecelakaan. Semahal apapun
harganya dan sebagus apapun modelnya.

Ada
baiknya anda jangan menggunakan helm yang kesempitan. Helm sempit
memang bisa membahayakan. Aliran udara maupun aliran darah dalam kepala
terganggu. Jika helm anda kekecilan maka akan mengakibatkan sesak napas
atau tekanan yang menghambat aliran darah di kepala. Keduanya
menyebabkan rasa pusing, sakit kepala, hingga black out alias pingsan
saat berkendara.

Helm
yang aman mestinya berbanding lurus dengan tingkat kenyamanannya,
meskipun hampir-hampir tidak ada helm yang benar-benar nyaman. Helm
yang nyaman haruslah cukup ringan sehingga dalam perjalanan jauh
(turing), medan melelahkan (macet dan jalan buruk) atau mungkin motor
sedang mogok, tidak menganggu secara berlebihan.

Helm
ini harus pula memungkinkan anda melihat dengan jelas, baik saat
siang-malam atau terik-hujan. Beberapa helm dengan kaca mika yang bagus
didesain untuk anti embun atau anti berkabut. Ada juga yang apabila
siang cukup bisa menahan cahaya panas karena ada lapisan filmnya tetapi
jika malam cukup terang. Yang jelas anda harus menghindari menggunakan
kaca helm gelap saat malam dan sebaliknya saat siang. Miliki saja dua
kaca mika yang selalu bisa anda gonta-ganti sesuai kebutuhan. Jika
tidak mau repot, miliki dua jenis helm.

Hindari
penggunaan jenis mika yang kurang bening yang mengurangi jarak pandang,
terutama saat malam. Mika helm yang sudah penuh goresan sebaiknya
diganti saja. Anda bisa memilih kaca helm yang berkulitas bagus yang
ditandai oleh kebeningan dan tidak berefek cembung atau cekung. Jenis
helm yang mikanya cenderung memberi efek cekung atau cembung bisa
membuat anda yang matanya masih normal merasa pusing. Beberapa mika
helm yang gagap produksi atau imitasi bisa mengalami efek cacat seperti
ini.

Jika
anda menggunakan helm, jangan lupa pendukung lainnya. Alat penunjang
helm yang utama adalah spion. Tidak cukup dengan helm saja. Sebab
menggunakan helm fullface (cakil), anda biasanya akan kesulitan menoleh
ke belakang, baik saat ingin mengawasi kendaraan dari belakang, maupun
saat hendak berbelok atau ada kepentingan lain. Helm hanyalah
pencegahan dari dampak kecelakaan yang parah. Tetapi jika kecelakaan
bisa dihindari, justru itu yang lebih penting. Jadi silahkan
menggunakan spion yang baik dan aman sesuai standar. Memiliki helm yang
bagus maka anda harus bisa menjaganya, jangan sampai dicuri oleh orang.


(Sumber : Oto.co.id)

bagoes
JURAGAN
JURAGAN

Male
Jumlah posting : 79
Age : 34
Job/hobbies : chatt
Registration date : 31.01.08

Lihat profil user http://panser.withboards.com

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik