Joint With Us.....!!!

Persaudaraan Suzuki Thunder

<<<<<PANSER>>>>>

Safety Tour

 :: NON TEKNIS :: Touring

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

PANSER Safety Tour

Post by bagoes on Thu 17 Apr 2008, 13:06

Sejak motor menjadi pilihan dibandingkan mobil, dan ekonomi
Indonesia pelan-pelan bangkit… motor makin berseliweran aza… ampe
mumet.. kalo pagi ngeliatnya… Dan bermuncullan lah komunitas ataupun
club motor.. Dan salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan
adalah touring…!!! Jalan-jalan ke luar kota secara berkelompok (group).
Touring ..perlu memperhatikan pula rambu-rambu lalu lintas… dan
memperhatikan hak orang lain sesama pengguna jalan… Kenapa ?? Yah ntu
jalanan bukan milik kita sendiri… itu jalan dibayar dari duit rakyat..
jadi rakyat lain mempunyai hak yang sama.. Teruz ..apa sih yang harus
diperhatikan dalam touring… berikut ulasannya

  1. Dalam touring harus ada Road Captain (leadernya lah)…
    Ini orang yang bertanggung jawab terhadap Touring secara keseluruhan.
    Road Captain harus bisa mengendalikan anggota touring lain. Road
    Captain harus mempunyai kapabilitas mengenal jalan, route yang terbaik,
    kapan harus berhenti untuk ngisi bensin dan kapan harus ngelanjutkan
    perjalanan etc. Road Captain ini paling depan… tidak ada satu anggota
    pun yang boleh mendahului Road Captain… Dalam menjalankan tugasnya Road
    Captain, dibantu oleh satu atau beberapa Sweeper.. yang tugasnya memastikan tidak ada yang kececer / tertinggal anggota touring lain…
  2. Setiap
    anggota Touring harus memeriksa kendaraan motornya dengan baik… minimal
    check oli, busi, rem, ban etc… Ini cukup penting, kalau nggak bisa
    mengganggu touring itu sendiri… Kalau nggak menggunakan ban tubeless,
    sebaiknya bawa ban serep.. dan peralatan untuk buka ban yang
    sederhana.. dan juga pompa portable.. Khusus motor gede, biasanya juga
    mengikutsertakan mobil storing… jadi kalau ada yang mogok / rusak.. itu
    moge langsung diangkut ke mobil storing… dan nggak ganggu perjalanan…
  3. Dalam
    touring hendaknya memperhatikan rambu-rambu… rombongan menyalakan
    hazard.. Road Captain nggak menggunakan sirine / lampu rotator… itu
    dilarang..(melanggar undang-undang) kecuali rombongan itu dikawal ama
    pak pulisi.. yah sah-sah saja… Jika mau menyalip kendaraan lain..
    saliplah dari kanan.. dan berilah tanda klakson dsb..
  4. Kalau
    jalanan lagi macet… yah sabar… hormati pengendara lain.. jangan
    gebrak-gebrak mobil orang… ada baiknya touring dilakukan pagi-pagi
    sekali… ataupun kadang dilakukan malam hari.. tapi kalau malam hari..
    harus extra hati-hati… karena biasanya ada anggota yang meleng..
  5. Formasi
    touring sebaiknya zig-zag… nggak berjajar.. hal ini perlu untuk
    meminimalkan resiko.. seperti menguranginya terjadi senggolan …
    mengurangi terjadinya tabrakan beruntun..dsb Oh ya jarak antar baris
    tergantung motornya sendiri..

bagoes
JURAGAN
JURAGAN

Male
Jumlah posting : 79
Age : 34
Job/hobbies : chatt
Registration date : 31.01.08

Lihat profil user http://panser.withboards.com

Kembali Ke Atas Go down

PANSER Re: Safety Tour

Post by TheCaesar on Sat 26 Apr 2008, 03:04

tambahan...

6. Dalam setiap tour, taati adat istiadat dan etika wilayah yang dilalui,
ada beberapa daerah yang mewajibkan mematikan mesin saat dilalui
seperti wilayah perumahan di daerah Yogyakarta, Jateng.

7. Apabila memasuki wilayah yang masih "rawan" atas tindak kejahatan
kewaspadaaan setiap peserta touring sangat diperlukan untuk saling
memperhatikan rekan lainnya, usahakan berhenti sejenak pada pos polisi
setempat/terdekat untuk memberikan informasi bahwa kita akan
memasuki wilayah tersebut, jadi seandainya terjadi apa2 dapat segera
diambil tindakan oleh yang berwajib.

8. Selain pengendara mobil, Hormati pengendara motor lain yang ada
disekitar rombongan, bukankah mereka juga berhak menggunakan jalan,
usahakan tidak mengejutkan pengendara lain yang akan disalip oleh
rombongan dengan memberikan klakson panjang....
kode lampu atau "setengah klakson" cukup sekedar memberitahukan
bahwa rombongan touring akan melaju.

9. Hewan yang melintas adalah "surprise" usahakan sebisa mungkin untuk
menghindari "kecelakaan" tsb dengan tetap waspada akan adanya
kemungkinan tsb dengan teknik bouncing speed, karena secara refleks
upaya menghindari dengan mengerem mendadak akan dapat
mengakibatkan kejadian yang lebih fatal.

next....

TheCaesar
CENTENG
CENTENG

Male
Jumlah posting : 71
Age : 36
Job/hobbies : Data Recovery Agent
Registration date : 16.04.08

Lihat profil user http://www.panser.withboards.com

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 :: NON TEKNIS :: Touring

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik